Selamat Datang Di Situs Kami
OBAT TRADISIONAL | PENGOBATAN TRADISIONAL
Home » , , , , , , » Mengenal Pengobatan Ala Rosullulloh SAW, Terapi Bekam, Manfaat Bekam (Hijamah)

Mengenal Pengobatan Ala Rosullulloh SAW, Terapi Bekam, Manfaat Bekam (Hijamah)

Posted by Obat Tradisional | Pengobatan Tradisional on Minggu, 30 Juni 2013

Obat Net : Mengenal Pengobatan Ala Rosullulloh SAW, Terapi Bekam, Manfaat Bekam (Hijamah)
Pengobatan Lewat Internet

Sajarah Bekam : Illustrasi Google

Terapi bekam itu telah dikenali sejak kerajaan Sumeria berdiri, lalu berkembang di Babilonia, Mesir, Saba dan Persia. Namun. Menurut As Suyuthi, bekam berasal dari Isfahan. Jadi, sebelum Rasul SAW diutus pun pengubatan bekam telah ada.

Orang-orang Barat telah lama mengenal pengubatan dengan membuang darah, pada abad ke 18 mereka menggunakan lintah sebagai alat untuk berbekam.
Pada suatu waktu Perancis pernah mengimport 40 juta ekor lintah untuk keperluan itu.
Lintah-lintah itu akan dilaparkan terlebih dahulu dengan tidak diberi makan, jadi bila ditempelkan pada tubuh manusia dia akan terus menghisap darah dengan begitu efektif. Setelah kenyang lintah itu tidak berusaha lagi untuk bergerak dan terus jatuh.
Rasulullah s.a.w. memilihkan, dengan wahyu dari-Nya, dari sekian banyak terapi yang ada pada waktu itu dengan terapi herba dan bekam. Baginda sangat menyenanginya. Terbukti dari seringnya baginda berbekam dan baginda mengungkapkan sebaik-baik pengubatan ialah berbekam.
Bekam atau hijamah adalah teknik pengubatan dengan jalan membuang darah kotor (racun yang berbahaya) dari dalam tubuh melalui permukaan kulit.PerkataanAl Hijamah berasal dari istilah bahasa arab : Hijama (حجامة) yang berarti pelepasan darah kotor. Sedangkan dalam bahasa Inggeris disebut dengan cupping, dan dalam bahasa melayu dikenal dengan istilah Bekam. Di Indonesia dikenal pula dengan istilah kop atau cantuk.
“Cupping used to : drain excess fluids and toxins, loosen adhesions and lift connective tissue, bring blood flow to stagnant skin and muscles and stimulate the peripheral nervous system”
Dengan melakukan penghisapan/vakum maka terbentuklah tekanan negatif di dalam cawan/kop sehingga terjadi drainase cairan tubuh berlebih (darah kotor) dan toksin, menghilangkan perlengketan/adhesi jaringan ikat dan akan mengalirkan darah “bersih” ke permukaan kulit dan jaringan otot yang mengalami stagnasi serta merangsang sistem syaraf perifer.
Dalam beberapa literatur disebutkan bahawa bekam bekerja dengan cara merangsang atau mengaktifkan :
  • (1) sistem kekebalan tubuh,
  • (2)Pengeluaran Enkefalin,
  • (3)Pelepasan neurotransmiter,
  • (4) Penyempitan dan pelebaran pembuluh darah serta
  • (5) “the gates for pain” pada Sistem Saraf Pusat
Apabila dilakukan pembekaman pada titik bekam, maka akan terjadi kerosakan mast cell dan lain-lain pada kulit, jaringan bawah kulit ( sub kutis), fascia dan ototnya. Akibat kerosakan ini akan dilepaskan beberapa mediator seperti serotonin, histamine, bradikinin, slow reacting substance (SRS), serta zat-zat lain yang belum diketahui. Zat-zat ini menyebabkan terjadinya dilatasi kapiler dan arteriol, serta flare reaction pada daerah yang dibekam. Dilatasi kapiler juga dapat terjadi di tempat yang jauh dari tempat pembekaman. Ini menyebabkan terjadinya perbaikan mikrosirkulasi pembuluh darah. Akibatnya timbul efek relaksasi (pelemasan) otot-otot yang kaku serta akibat vasodilatasi umum akan menurunkan tekanan darah secara stabil. Yang terpenting adalah dilepaskannya corticotrophin releasing factor (CRF), serta releasing factors lainnya oleh adenohipofise. CRF selanjutnya akan menyebabkan terbentuknya ACTH, dan corticosteroid. Corticosteroid ini mempunyai efek menyembuhkan peradangan serta menstabilkan permeabilitas sel.
Bekam adalah satu teknik pengobatan menggunakan sarana gelas, tabung, atau bambu yang prosesnya di awali dengan melakukan pengekopan (membuat tekanan negatif dalam gelas, tabung, atau bambu) sehingga menimbulkan bendungan lokal di permukaan kulit dengan tujuan agar sirkulasi energi Qi dan Xue meningkat, menimbulkan efek analgetik, anti bengkak, mengusir patogen angin dingin maupun angin lembab, mengeluarkan racun, serta oxidant dalam tubuh. Pada teknik bekam basah, setelah terjadi bendungan lokal, terapis lanjutkan prosesnya dengan penyayatan permukaan kulit memakai pisau bedah atau penusukan jarum bekam agar darah kotor bisa dikeluarkan.
Penelitian lain menunjukkan bekam pada titik tertentu dapat menstimulasi kuat syaraf permukaan kulit yang akan dilanjutkan pada cornu posterior medulla spinalis melalui syaraf A-delta dan C, serta traktus spinothalamicus kearah thalamus yang akan menghasilkan endorphin. Sedangkan sebagian rangsang lainnya akan diteruskan melalui serabut aferen simpatik menuju ke motor neuron dan menimbulkan reflek intubasi nyeri.
Berbekam merupakan metode pengobatan klasik yang telah digunakan dalam mengobati berbagai kelainan penyakit seperti hemophilia, hipertensi, gout, reumatik arthritis, sciatica, back pain (sakit punggung), migraine, vertigo, anxietas (kecemasan) serta penyakit umum lainnya baik bersifat fisik maupun mental.
Bekam merupakan pengobatan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, sebagaimana dijelaskan dalam hadist Bukhari :
الشِّفَاءُ فِيْ ثَلاَثَةٍ: شَرْبَةِ عَسَلٍ وَشَرْطَةِ مِحْجَمٍ وَكَيَّةِ نَارٍ وَإِنِّيْ أَنْهَى أُمَّتِيْ عَنْ الْكَيِّ
“Kesembuhan itu berada pada tiga hal, yaitu minum madu, sayatan pisau bekam dan sundutan dengan api (kay). Sesungguhnya aku melarang ummatku (berobat) dengan kay.” (HR Bukhari)
Sejarah Bekam (Hijamah)

  • Hijamah/bekam/cupping/Blood letting/kop/chantuk dan banyak istilah lainnya sudah dikenal sejak zaman dulu, yaitu kerajaan Sumeria, kemudian terus berkembang sampai Babilonia, Mesir, Saba, dan Persia. Pada zaman Rasulullah, beliau menggunakan kaca berupa cawan atau mangkuk tinggi.
  • Pada zaman China kuno mereka menyebut hijamah sebagai “perawatan tanduk” karena tanduk menggantikan kaca. Pada kurun abad ke-18 (abad ke-13 Hijriyah), orang-orang di Eropa menggunakan lintah sebagai alat untuk hijamah. Pada satu masa, 40 juta lintah diimpor ke negara Perancis untuk tujuan itu. Lintah-lintah itu dilaparkan tanpa diberi makan. Jadi bila disangkutkan pada tubuh manusia, dia akan terus menghisap darah tadi dengan efektif. Setelah kenyang, ia tidak berupaya lagi untuk bergerak dan terus jatuh lantas mengakhiri upacara hijamahnya.
  • Seorang herbalis Ge Hong (281-341 M) dalam bukunya A Handbook of Prescriptions for Emergencies menggunakan tanduk hewan untuk membekam/mengeluarkan bisul yang disebut tehnik “jiaofa”, sedangkan di masa Dinasti Tang, bekam dipakai untuk mengobati TBC paru-paru . 
  • Pada kurun abad ke-18 (abad ke-13 Hijriyah) , orang-orang di Eropa menggunakan lintah (al ‘alaq) sebagai alat untuk bekam (dikenal dengan istilah Leech Therapy) dan masih dipraktekkan sampai dengan sekarang.
  • Hippocrates (460-377 SM), Celsus (53 SM-7 M), Aulus Cornelius Galen (200-300 M) memopulerkan cara pembuangan secara langsung dari pembuluh darah untuk pengobatan di zamannya. Dalam melakukan tehnik pengobatan tersebut, jumlah darah yang keluar cukup banyak, sehingga tidak jarang pasien pingsan. Cara ini juga sering digunakan oleh orang Romawi, Yunani, Byzantium dan Itali oleh para rahib yang meyakini akan keberhasilan dan khasiatnya.
  • Kini pengobatan ini dimodifikasi dengan sempurna dan mudah pemakaiannya sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah dengan menggunakan suatu alat yang praktis dan efektif.Disebutkan oleh Curtis N, J (2005), dalam artikel Management of Urinary tract Infections: historical perspective and current strategies: Part 1-before antibiotics. Journal of Urology. 173(1):21-26, January 2005. Bahwa catatan Textbook Kedokteran tertua Ebers Papyrus yang ditulis sekitar tahun 1550 SM di Mesir kuno menyebutkan masalah Bekam.

Hijamah dikenal dan berkembang di Indonesia?
  • Tidak ada catatan resmi mengenai kapan metode ini masuk ke Indonesia, diduga kuat pengobatan ini masuk seiring dengan masuknya para pedagang Gujarat dan Arab yang menyebarkan agama Islam. Metode ini dulu banyak dipraktekkan oleh para kyai dan santri yang mempelajarinya dari “kitab kuning” dengan tehnik yang sangat sederhana yakni menggunakan api dari kain/kapas/kertas yang dibakar untuk kemudian ditutup secepatnya dengan gelas/bekas botol. Waktu itu banyak dimanfaatkan untuk mengobati keluhan sakit/pegal-pega di badan, dan sakit kepala atau yang dikenal dengan istilah “masuk angin”.Tren pengobatan ini kembali berkembang pesat di Indonesia sejak tahun 90-an terutama dibawa oleh para mahasiswa/pekerja Indonesia yang pernah belajar di Malaysia, India dan Timur Tengah. Kini pengobatan ini dimodifikasi dengan sempurna dan mudah pemakaiannya sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah dengan menggunakan suatu alat yang higienis, praktis dan efektif.
Jenis bekam
Bekam kering atau bekam angin (Hijamah Jaaffah)
  • Bekam kering atau bekam angin (Hijamah Jaaffah), yaitu menghisap permukaan kulit dan memijat tempat sekitarnya tanpa mengeluarkan darah kotor. Bekam kering ini berkhasiat untuk melegakan sakit secara darurat atau digunakan untuk meringankan kenyerian urat-urat punggung karena sakit rheumatik, juga penyakit-penyakit penyebab kenyerian punggung. Bekam kering baik bagi orang yang tidak tahan suntikan jarum dan takut melihat darah. Kulit yang dibekam akan tampak merah kehitam-hitaman selama 3 hari. Prinsip dasar penggunaan bekam kering menurut TCM teknik sedasi/pelemahan dan pengeluaran pathogen yang berlebih/ekses. Unsur yang dikeluarkan dalam bekam kering adalah: Qi/energy , angin, panas dan Api. Teknik ini sangat bagus untuk menangani sindrom Re/Panas tipe Defisien.
Bekam basah (Hijamah Rothbah)
  • Bekam basah (Hijamah Rothbah) yaitu pertama kita melakukan bekam kering, kemudian kita melukai permukaan kulit dengan jarum tajam (lancet), lalu di sekitarnya dihisap dengan alat cupping set dan hand pump untuk mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh. Lamanya setiap hisapan 3 sampai 5 menit, dan maksimal 9 menit, lalu dibuang darah kotornya. Penghisapan tidak lebih dari 7 kali hisapan. Darah kotor berupa darah merah pekat dan berbuih. Dan selama 3 jam setelah di-bekam, kulit yang lebam itu tidak boleh disiram air. Jarak waktu pengulangan bekam pada tempat yang sama adalah 3 minggu sahaja. Menurut Tradisional Chinese Medicine ( TCM ) Bekam basah adalah teknik sedasi/pelemahan dan pengeluaran pathogen yang berlebih/ekses. Unsur yang dikeluarkan dalam bekam basah adalah: Qi/energy, Xue/darah , Angin, panas dan Api. Teknik ini sangat bagus untuk menangani sindrom Re / Panas Ekses.
Bekam Api (Fire Cupping), yaitu teknik membekam menggunakan api sebagai media pemvakum/membekam. Bekam api menggunakan gelas khusus bekam api yang terbuat dari kaca tebal. Bekam Api berkembang luas di CIna sebagai teknik pengobatan yang banyak sekali digunakan selain akupuntur. Konsep TCM menyatakan bahwa bekam api digunakan untuk mengeluarkan patogen angin dan dingin. Bagi tipikal pasien yang mengalami sindrom panas dan kering (Sindrom Re)tidak dianjurkan menggunakan bekam api.

Waktu berbekam
Sebaiknya berbekam dilakukan pada pertengahan bulan , karena darah kotor berhimpun dan lebih terangsang (darah sedang pada puncak gejolak). 
  • Anas bin Malik radhiallaahu 'anhu menceritakan bahwa : "Rasulullah SAW biasa melakukan hijamah pada pelipis dan pundaknya. Ia melakukannya pada hari ketujuhbelas, kesembilanbelas atau keduapuluhsatu." (Diriwayatkan oleh Ahmad).
  • Pemilihan waktu bekam adalah sebagai tindakan preventif untuk menjaga kesehatan dan penjagaan diri terhadap penyakit. Adapun untuk pengobatan penyakit, maka harus dilakukan kapan pun pada saat dibutuhkan. Dalam hal ini Imam Ahmad melakukan bekam pada hari apa saja ketika diperlukan.
  • Imam asy-Syuyuthi menukil pendapat Ibnu Umar, bahwa berbekam dalam keadaan perut kosong itu adalah paling baik karena dalam hal itu terdapat kesembuhan. Maka disarankan bagi yang hendak berbekam untuk tidak makan-makanan berat 2-3 jam sebelumnya. 
  • Dari Abu Hurairah radhiallaahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa berbekam pada hari ke-17, 19 dan 21 (tahun Hijriyah), maka ia akan sembuh dari segala macam penyakit.” (Shahih Sunan Abu Dawud, II/732, karya Imam al-Albani
  • Dari Abdullah bin Mas’ud radhiallaahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda: “ Sesungguhnya sebaik-baik bekam yang kalian lakukan adalah hari ke-17, ke-19, dan pada hari ke-21.” (Shahih Sunan at-Tirmidzi, Syaikh al-Albani (II/204)
  • Dari Anas bin Malik radhiallaahu 'anhu, dia bercerita: ” Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wasallam biasa berbekam di bagian urat merih (jugular vein) dan punggung. Ia biasa berbekam pada hari ke-17, ke-19, dan ke-21.” (HR, Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah, Ahmad, sanad shahih
  • Dari Ibnu Abbas RA, ia berkata: “Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda: ‘Berbekamlah pada hari ke-17 dan ke-21, sehingga darah tidak akan mengalami hipertensi yang dapat membunuh kalian’.” (Kitab Kasyful Astaar ‘an Zawaa-idil Bazar, karya al-Haitsami (III/388))
  • Ibnu Sina di dalam kitabnya Al-Qaanun mengatakan : “Diperintahkan untuk tidak berbekam di awal bulan karena cairan-cairan tubuh kurang aktif bergerak dan tidak normal, dan tidak diakhir bulan karena bisa jadi cairan-cairan tubuh mengalami pengurangan. Oleh karena itu diperintahkan melakukan bekam pada pertengahan bulan ketika cairan-cairan tubuh bergolak keras dan mencapai puncak penambahannya karena bertambahnya cahaya di bulan”.
Cara bekam
Cara melakukan Bekam :
  • 1. Mempersiapkan semua peralatan yang sudah disterilkan dengan alat  sterilisator standar.
  • 2. Mulai dengan do’a dan mensterilkan bagian tubuh yang akan dibekam dengan desinfektan (misalnya. Iodin)
  • 3. Dilanjutkan dengan penghisapan kulit menggunakan “kop/gelas” bekam, kekuatan penghisapan pada setiap pasien berbeda-beda. Lama penghisapan selama 5 menit, tindakan ini sekaligus berfungsi sebagai Anestesi (pembiusan) lokal. Diutamakan mendahulukan bagian tubuh sebelah kanan dan jangan melakukan penghisapan lebih dari 4 titik bekam sekaligus.
  • 4. Dengan menggunakan pisau bedah standar kemudian dilakukan syartoh /penyayatan (jumlah sayatan 5-15 untuk satu titik tergantung diameter kop yang dipakai, panjang sayatan 0,3-0,5 cm, tipis dan tidak boleh terlalu dalam, dilakukan sejajar dengan garis tubuh). Salahsatu tanda bahwa sayatannya baik adalah sesaat setelah disayat, kulit tidak mengeluarkan darah akan tetapi setelah disedot dengan alat maka darahnya baru keluar.
  • 5. Lakukan penghisapan kembali dan biarkan “darah kotor” mengalir di dalam kop selama 5 menit.
  • 6. Bersihkan dan buang darah yang tertampung dalam kop dan jika perlu bisa lakukan penghisapan ulang seperti tadi. Tidak boleh dilakukan pengulangan sayatan.
  • 7. Bersihkan bekas luka dan oleskan minyak habbatus sauda yang steril. Umumnya bekas bekam akan hilang setelah 2-5 hari.
  • 8. Ucapkan Alhamdulillah dan rasakan keajaiban “mukjizat” medis bekam.
  • 9. Setiap pasien dianjurkan untuk memiliki alat bekam sendiri. Kop/alat bekam tidak boleh digunakan untuk pasien lain pada penderita hepatitis, ODHA, dan penyakit menular lainnya.
Ada sekitar 12 titik utama yang disebutkan dalam hadits, selebihnya merupakan pengembangan dari itu. Beberapa ahli bekam juga menggunakan titik akupuntur untuk dilakukan pembekaman sedangkan yang lainnya menggunakan pendekatan anatomi organ tubuh dan patofisiologis suatu penyakit.

Bagian tubuh yang dibekam di antaranya adalah Titik di kepala (Ummu Mughits, Qomahduwah, Yafukh, Hammah, dzuqn, udzun), Leher dan punggung (Kaahil, al-akhda’ain, alkatifain, naqroh,munkib), kaki (Wirk, Fakhd, Zhohrul qodam, iltiwa’) dan lain sebagainya.

Titik Bekam diatas ampuh untuk mengobati berbagai penyakit, baik penyakit medis maupun penyakit non medis. diantaranya penyakit seperti : darah tinggi, kolesterol, asam urat, migrain, jantungasma, paru-paru, diabetes, pegal linu, maag, alergi, batuk, masuk angin, struk, kesurupan, gangguan jin, santet, pelet dll.

Penyakit apa saja yang dapat diobati dengan bekam?
  • Thomas W. Anderson telah menulis sebuah buku berjudul 100 Diseases Treated by Cupping Methode. Beberapa di antara penyakit yang berespon cukup baik dengan Terapi bekam adalah Hipertensi, hiperuricemia (Gout/Pirai), hiperkolesterolemia, stroke , parkinson, epilepsy, migrain, vertigo, gagal ginjal, varises, wasir (hemoroid), dan semua keluhan sakit (rematik, ischialgia/sciatica, nyeri pinggang bawah), penyakit darah (leukemia, thalasemia), tinnitus, asma, alergi, penyakit sistim imun (SLE, HIV), infeksi (Hepatitis, elefantiasis), Glaukoma, Insomnia, enuresis/mengompol, mania, skizofren dan trans (gangguan sihir/jin), dll. Begitu juga bekam untuk kesuburan (fertilitas) dan kecantikan (menghilangkan jerawat, komedo, vitiligo, menurunkan berat badan, dll)

Apakah terdapat kontraindikasi efek samping yang terjadi akibat bekam? Orang dalam kondisi seperti apa yang tidak boleh dibekam?
  • Pada beberapa kasus dimana syarat pembekaman kurang terpenuhi, kadang-kadang muncul efek samping berupa mual/muntah (jika terlalu dekat jaraknya dengan makan/<2jam setelah makan), lemas (jika pembekaman terlalu banyak titik), keluarnya bula/gelembung (jika pembekaman terlalu lama dan kekuatan pompa terlalu kuat). Adapun jika dilakukan sesuai “aturan main” maka efek samping tersebut jarang sekali terjadi.
  • Orang yang ditunda pembekamannya adalah : Wanita hamil (pada daerah perut dan punggung bawah), wanita menstruasi dan nifas, orang yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah, sedang cuci darah, baru melakukan donor darah, penderita dengan kondisi yang sangat lemah dan tekanan darah sangat rendah, serta orang yang sedang kelaparan/kenyang/gugup (fobia).
Siapa saja yang boleh dibekam? Dan kisaran usia berapa?
  • Semua orang bisa dibekam pada kisaran umur 4 tahun keatas, yang penting pasiennya bisa kooperatif. Pada orang tua yang sudah renta, ibu hamil dan anak-anak pembekaman dilakukan dengan hati-hati, dengan sayatan yang tipis, tekanan kop yang ringan dan titik bekam yang terbatas.

Tips memilih tempat bekam
Bagaimana tips yang baik dalam memilih terapi bekam?
  • Pilihlah Terapis bekam yang bersertifikat dan diutamakan memilikipendidikan/pengetahuan medis yang cukup
  • Pastikan Terapis tersebut memiliki peralatan standar sterilisasi (sterilisator) yang memadai
  • Menggunakan peralatan medis standar (hanscon, masker, pisau bedah, kassa steril, dll) Hindari penggunaan silet, cutter, kaca, tissue gulung, kapas, atau kop berupa tanduk, bambu dan gelas biasa. Dalam prakteknya Rosulullah menggunakan metode syartoh (sayatan) ketika berbekam. 
Bekam di Dunia Barat
  • Seiring dengan bertambahnya pasien yang dengan izin Allah Ta’ala sembuh dan terbebas dari penyakitnya melalui bekam maka semakin banyak pula bermunculan Terapis Hijamah dari “Barat” yang menggunakan metode Cupping Therapy maupun metode Lintah (Leech Therapy) untuk mengobati berbagai macam penyakit, mereka juga menuliskannya dalam berbagai artikel, buku dan publikasi lainnya:
Semoga bermanfaat
PENTING..!!!
Hanyalah Alloh SWT yang menyembuhkan kita hanya berusaha, sebelum minum /makan obat tradisional  bacalah Bismillah.

Thanks for reading & sharing Obat Tradisional | Pengobatan Tradisional

Previous
« Prev Post

Daftar Penyakit

Tanaman Obat Tradisional (42) demam (11) Batuk (7) Darah Tinggi (7) Sariawan (7) bisul (7) peluruh air seni (7) Penurun Panas (6) diabetes (6) Kolesterol (5) diare (5) encok (5) jantung (5) kanker (5) pelancar air seni (5) rematik (5) sakit gigi (5) wasir (5) Jerawat (4) Obat Sariawan (4) haid (4) kulit (4) obat kuat (4) obat kudis (4) obat malaria (4) obat mencret (4) pencernaan (4) sakit pinggang (4) Alergi (3) Asam Urat (3) Daun Salam (3) Flu (3) Gigi (3) Kencing Batu (3) Masuk angin (3) Obat Tradisional Batuk (3) Perut kembung (3) Stroke (3) bengkak (3) cacingan (3) disentri (3) hipertensi (3) influenza (3) kanker usus (3) kencing manis (3) luka (3) mencret (3) nafsu makan (3) obat bisul (3) obat demam (3) penambah nafsu makan (3) penyegar badan (3) radang (3) sakit kepala (3) sembelit (3) urus urus (3) Batuk dan Pilek (2) Gusi (2) Manfaat Bawang Daun (2) Manfaat Daun Pepaya (2) Manfaat Jeruk Nipis (2) Manfaat Kembang Torong (2) Manfaat Kunyit (2) Manfaat Sambiloto (2) Manfaat Susu Kambing (2) Mencegah Kanker (2) Obat Kejang (2) Obat Rematik Alami (2) Obat Tradisional Gangguan Kencing (2) Obat Tradisional Kanker (2) Obat Tradisional Pelancar Air Seni (2) Obat Tradisional Perut Kembung (2) Obat Tradisional Stroke (2) Pola Makan Sehat (2) Sakit tenggorokan (2) Stamina (2) TBC (2) Tips Hidup Sehat (2) Tumor (2) air seni (2) asma (2) batu ginjal (2) batuk rejan (2) beri beri (2) gangguan kencing (2) gatal-gatal (2) ginjal (2) gula darah (2) gusi bengkak (2) haid tidak teratur (2) hepatitis (2) keputihan (2) kista (2) kolera (2) kosmetik (2) mual (2) mulas (2) muntah (2) obat batuk (2) obat busung lapar (2) obat luka (2) obat masuk angin (2) obat mual (2) obat pening (2) obat sakit gigi (2) paru-paru (2) penenang (2) penghalus kulit (2) prostat (2) reumatik (2) 10 Penyakit Berbahaya (1) 10 Penyakit Umum d Indonesia Mematikan (1) 41 Khasiat Bawang Putih (1) 76 Penyakit (1) AIDS/HIV (1) Ama (1) Aneka Minuman Untuk Berbuka Puasa (1) Angsa (1) Apakah Rokok Herbal itu benar benar tidak berbahaya? (1) Arthritis (1) Asam Lambung (1) Atasi Haid Tidak Teratur Secara Alami (1) Atasi Kebotakan Secara Alami | Obat Tradisonal Penumbuh Rambut (1) Bahaya Rokok Herbal (1) Bahaya merokok bagi kesehatan (1) Batuk berdahak (1) Bawang Bombay (1) Bawang putih (1) Begadang Bisa Picu Penyakit Lupus (1) Bekam di Dunia Barat (1) Benjolan Tumor (1) Berbagai Manfaat Daun Cincau (1) Berbagai Manfaat Konsumsi Air Putih (1) Berbagai Manfaat Konsumsi Beras Organik (1) Berkhasiat sebagai obat disentri (1) Bikin Awet Muda (1) Binong (1) Bintik Kulit (1) Blewah (1) Bronkhitis (1) Bronkitis Kronis (1) Buhur (1) Bumbu Dapur Untuk Pengobatan (1) Busung lapar (1) CARA MENGETAHUI NILAI RUJUKAN NORMAL LABORATORIUM DAN KETERANGANNYA (1) Cabai Hijau (1) Cacat Lahir (1) Cacing (1) Cara Alami Agar Cepat Hami (1) Cara Alami Mengatasi Flu Berat (1) Cara Alami Mengatasi Kulit Wajah Berminyak (1) Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka (1) Cara Alami Mengobati Masuk Angin (1) Cara Alami Mengobati Sakit Gigi yang Berlubang (1) Cara Alami Mengobati Sakit Kepala (1) Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe (1) Cara Efektif Menghilangkan Komedo Secara Alami (1) Cara Memasak Beras Organik (1) Cara Membuat Susu Kedelai yang Benar (1) Cara Mengatasi Gagap (Gagu) (1) Cara Mengatasi Kecanduan Rokok (Perokok Berat) (1) Cara Mengatasi Kecemasan Berlebihan (Galau) (1) Cara Mengatasi Kurang Percaya Diri (Minder) (1) Cara Mengatasi Rasa Takut (Fobia) (1) Cara Mengatasi Stress akibat Depresi (1) Cara Mengatasi Susah Tidur (Insomnia) (1) Cara Mengatasi Kelelahan Mata (1) Cara Mengatasi Penyakit Latah (1) Cara Mengatasi Trauma atas kejadian Buruk (1) Cara Menghilangkan Bekas Jerawat (1) Cara Menghilangkan Jerawat (1) Cara Menghilangkan Jerawat | Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami (1) Cara Mengobati Sariawan (1) Cara Merawat Mata (1) Cara Munum Kopi yang benar (1) Cara Pembuatan Obat Tradisional (1) Cara Rasulullah saw (1) Cara bekam (1) Cara sehat dengan konsumsi Pete (1) Caruluk (1) Cecenet (1) Cempaka (1) Cengkih (1) Ceri (1) Cikur (1) Ciplukan (1) Cocor Bebek (1) DAFTAR OBAT ALAMI LENGKAP (1) DAFTAR PENYAKIT LENGKAP (1) Daftar Binatang untuk Obat Tradisonal Indonesia (1) Daftar Obat dan Pengobatan Tradisional (1) Daftar Tanaman Obat Tradisonal Indonesia (1) Darah Normal (1) Daun Manganeuh (1) Daun Sirih (1) Diare dan disentri (1) Dzikir adalah Obat Mujarab segala Penyakit (1) ES Batu (1) Fungsi Garam (1) Gatal gatal (1) Gondongan (1) Gusi Berdarah (1) Hati hati Obat Palsu (1) Hati hati Terhadap Obat Palsu (1) Honje (1) Hukum Islam Terhadap Penggunaan Urine (Air Kencing) (1) Hukum Mengkonsumsi Hewan yang Hidup di dua Alam (1) Infeksi Pernafasan (1) Jahe Merah (1) Jalan Sehat Sesuai Sunnah Nabi (1) Jangan Remehkan Diare (1) Jenis Jenis Buhur (1) Jenis Jenis Garam (1) Jenis Teh (1) Jenis bekam (1) Jeruk Bali (1) Jus Lemon (1) Jus Pepaya (1) KANGKUNG YANG MEMATIKAN HATI2 MEMASAK KANGKUNG (1) KHASIAT DAN MANFAAT DAUN SALAM (1) Kandungan Gizi Pada Daun Labu Waluh (1) Kandungan Senyawa Santan Kelapa (1) Kanker Kulit (1) Kapan Kopi dilarang (1) Kebutuhan Nutrisi saat Berpuasa (1) Kecubung (1) Kedondong (1) Kedondong Laut (1) Keistimewaan Sarang Semut Papua (1) Kelenjar Getah Bening (1) Kemenyan (1) Kencur (1) Ketimun (1) Ketombe (1) Khasiat Buah Apel Bagi Kesehatan (1) Khasiat Buah Pepaya (1) Khasiat Cabai Hijau bagi Tubuh (1) Khasiat Calincing (1) Khasiat Daun Pepaya (1) Khasiat Daun Singkong | Obat Tradisonal Awet Muda dan Anti Kanker (1) Khasiat Habbatus Sauda (1) Khasiat Honje bagi Tubuh (1) Khasiat Jahe Merah (1) Khasiat Jeruk Bali bagi Tubuh (1) Khasiat Putri Malu | Obat Tradisonal Insomia (1) Khasiat Sosor Bebek (1) Ki urat (1) Kolesterol dan Gula Darah (1) Kolesterol jahat (1) Komedo (1) Konengeun (1) Kopi (1) Kopi Indonesia (1) Koresterol (1) Krambilan (1) Kumis Kucing (1) Kunyit (1) Kunyit Asam (1) Lalapan (1) Luka berdarah (1) Lupus (1) MENURUNKAN PANAS SECARA TRADISIONAL (ALAMI) (1) Maag (1) Makanan Diet Sehat Untuk Penderita Maag (1) Makanan Sehat Saat Lebaran (1) Malaria (1) Manfaat Alamanda (1) Manfaat Buah Anggur Laut (1) Manfaat Hewan PIaraan (1) Manfaat Krangean (1) Manfaat Air Kelapa (1) Manfaat Akalifa (1) Manfaat Akasia (1) Manfaat Alami dari Kelapa Hijau (1) Manfaat Alpukat (1) Manfaat Ambre (1) Manfaat Amis amisan (1) Manfaat Anggrek Bongkol (1) Manfaat Angsa (1) Manfaat Anuma (1) Manfaat Anyelir (1) Manfaat Arbei (1) Manfaat Aren (1) Manfaat Asparagus (1) Manfaat Babawangan (Piper pellucida Linn) (1) Manfaat Bakung (1) Manfaat Bandotan (Babadotan) (1) Manfaat Bangun Pagi (1) Manfaat Baru Cina (1) Manfaat Bawang Merah (1) Manfaat Bawang Putih (1) Manfaat Bayam Dempo (1) Manfaat Bayam Merah (1) Manfaat Bayam Ungu (1) Manfaat Belimbing (1) Manfaat Belimbing Wuluh (1) Manfaat Beluntas (1) Manfaat Belut bagi kesehatan Tubuh (1) Manfaat Benalu Teh (1) Manfaat Benda (1) Manfaat Bengkuang (1) Manfaat Beras Organik (1) Manfaat Berbagai Binatang (1) Manfaat Berenuk (1) Manfaat Beringin (1) Manfaat Bintaro (1) Manfaat Blimbing Legi (1) Manfaat Blimbing Wuluh (1) Manfaat Brambangan (1) Manfaat Bribil (1) Manfaat Brojo Lintang (1) Manfaat Brotowali (1) Manfaat Buah Anggur (1) Manfaat Buah Apel (1) Manfaat Buah Burahol (1) Manfaat Buah Ceri (1) Manfaat Buah Durian (1) Manfaat Buah Mengkudu (1) Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan dan Khasiatnya (1) Manfaat Buah Nanas (1) Manfaat Buah Pala (1) Manfaat Buah Pepaya (1) Manfaat Bugenvil (1) Manfaat Bunga Dahlia (1) Manfaat Bunga Krisan (1) Manfaat Bunga Matahari (1) Manfaat Bunga Sedap Malam (1) Manfaat Cacing Tanah (Cacing Kalung) (1) Manfaat Cengkeh (1) Manfaat Ceremai (1) Manfaat Ciplukan (1) Manfaat Daging Ayam (1) Manfaat Daun Dewa (1) Manfaat Daun Jambu Biji (1) Manfaat Daun Kecubung (1) Manfaat Daun Kelor (1) Manfaat Daun Kemangi (Surawung) (1) Manfaat Daun Kina (1) Manfaat Daun Krangkong (1) Manfaat Daun Kremeh (1) Manfaat Daun Poh Pohan (1) Manfaat Daun Sendok (1) Manfaat Daun Sirih (1) Manfaat Daun Tapak Dara | Obat Tradisonal Kencing Tumor (1) Manfaat Daun dan Biji Daun Kelor (1) Manfaat Es Batu Untuk Kesehatan (1) Manfaat Hewan Undur undur (1) Manfaat Hormon Endorfin (1) Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan (1) Manfaat Jamur Lingzhi (1) Manfaat Jawer Kotok (1) Manfaat Jukut Barong (1) Manfaat Kacang Hijau (1) Manfaat Kacang Merah (1) Manfaat Kadal (1) Manfaat Kamboja (1) Manfaat Kapulaga (1) Manfaat Kayu Gahru dan Kemenyan (1) Manfaat Kedawung (1) Manfaat Kedelai (1) Manfaat Kedinding (1) Manfaat Kedondong (1) Manfaat Kedondong Laut (1) Manfaat Kedongdong (1) Manfaat Keji Beling (1) Manfaat Keji Besi (1) Manfaat Keladi (1) Manfaat Kelapa (1) Manfaat Kelapa Hijau untuk Ibu Hamil (1) Manfaat Kelembak (1) Manfaat Kemarongan (1) Manfaat Kembang Anting anting (1) Manfaat Kembang Bugang (1) Manfaat Kembang Bulan (1) Manfaat Kembang Ceplikan (1) Manfaat Kembang Emas (1) Manfaat Kembang Kuning (1) Manfaat Kembang Pukul Empat (1) Manfaat Kembang Sepatu (1) Manfaat Kembang Telang (1) Manfaat Kemenyan (1) Manfaat Kemiren (1) Manfaat Kemiri (1) Manfaat Kemladean (1) Manfaat Kemlandingan (1) Manfaat Kemloko (1) Manfaat Kemukus (1) Manfaat Kemuning (1) Manfaat Kenanga (1) Manfaat Kenari (1) Manfaat Kencur (1) Manfaat Kendal (1) Manfaat Kenikir (1) Manfaat Kenikir bagi kesehatan (1) Manfaat Kentang (1) Manfaat Kepundung (1) Manfaat Kerak Nasi (1) Manfaat Kertau (1) Manfaat Kesambi (1) Manfaat Kesemek (1) Manfaat Ketang (1) Manfaat Ketela Pohon (1) Manfaat Ketepeng (1) Manfaat Ketimun (1) Manfaat Ketumbar (1) Manfaat Ki Manila (Ketepeng Cina) (1) Manfaat Kimpul (1) Manfaat Kina (Cinchona Ledgeriana) (1) Manfaat Kismis (1) Manfaat Kluwih (kelewih) (1) Manfaat Kola (1) Manfaat Kola leli (1) Manfaat Kolang Kaling (1) Manfaat Kompri (1) Manfaat Kopi (1) Manfaat Kopi Arabica (1) Manfaat Kopyor (1) Manfaat Korejat (Kitolod) (1) Manfaat Krangkong (1) Manfaat Kulit Manggis (1) Manfaat Kumis Kucing (1) Manfaat Kurma Busuk (1) Manfaat Lidah Buaya (1) Manfaat Lobak (1) Manfaat Madu (1) Manfaat Memelihara Hewan (1) Manfaat Mengejutkan Buah Apel (1) Manfaat Minum Teh Untuk Kesehatan Alami (1) Manfaat Minyak Zaitun (1) Manfaat Nona Makan Sirih (1) Manfaat Obat Tradisonal (1) Manfaat Pala Bagi Kesehatan (1) Manfaat Paprika (1) Manfaat Pepaya untuk Kecantikan (1) Manfaat Pete (1) Manfaat Pisang (1) Manfaat Pisang Raja (1) Manfaat Sarang Semut (1) Manfaat Serangga yang sering kita Basmi (1) Manfaat Singkong (1) Manfaat Srikaya (1) Manfaat Susu Kedelai (1) Manfaat Tauge (Toge) Bagi Tubuh (1) Manfaat Toke yang Penomenal (1) Manfaat Tumbuhan Paku (1) Manfaat Ular Kobra (1) Manfaat Urine (Air Kencing) (1) Manfaat atau Khasiat Daun Sendok (Daun Bebedakan) (1) Manfaat daging Kalkun (1) Manfaat dan Bahaya Garam (1) Manfaat dan Madaratnya Daun Kecubung (1) Manfaat daun Kedondong Laut (1) Manfaat kayu Cendana (1) Manfat Lidah buaya (1) Manganeuh (1) Mata (1) Melawan Kanker (1) Melawan Penyakit Jantung (1) Melindungi Paru (1) Memulihkan Nafsu Makan (1) Mencegah Asma (1) Mencegah Diabetes (1) Mencegah Penyakit Jantung (1) Mencegah Penyumbatan Pembuluh Darah (1) Mencegah Sel Tumor Ganas (1) Mencegah infeksi luka luar (1) Mencegah penuaan dini (1) Mengatasi Bau Mulut (1) Mengatasi Efek Radiasi Monitor Komputer (1) Menghindari Gangguan Asam Lambung (1) Mengkudu (1) Migrain (1) Migren (1) Mimisan atau sariawan (1) Minyak Zaitun (1) Mitos Kopi (1) Morning Sickness (1) Mual dan Muntah (1) Mujarab (1) Muncang (1) Muntah-muntah (1) Noda pada Kulit (1) Nyamuk Bites (1) OBAT BATUK BERDAHAK (1) Obat Alami Gusi Bengkak (1) Obat Alami Kumis Kucing (1) Obat Alami Maag Kronis (1) Obat Alami Ngatasin Demam (1) Obat Alami Ngatasin Jerawat (1) Obat Alami Wasir dengan Daun Wungu (Graptophyllum pictum L. Griff) (1) Obat Alami untuk Darah Tinggi (1) Obat Asam Urat Tradisional (1) Obat Asma Tradisional (1) Obat Batuk dan Asma (1) Obat Benjol karena Benturan (1) Obat Congek Tradisional (1) Obat Diare Alami (1) Obat Ginjal (1) Obat Halal vs Obat Haram (1) Obat Herbal Asam urat Ajaib (1) Obat Jerawat (1) Obat Kanker (1) Obat Kanker Alami (1) Obat Kanker dan Tumor (1) Obat Keringat buntet atau Biang Keringat (1) Obat Kuat Herbal lahir dan batin (1) Obat Kuat Tradisional (1) Obat Maag Alami (1) Obat Memar dan Luka Bakar (1) Obat Mujarab Asam Urat (1) Obat Mujarab untuk Flu (1) Obat Nafsu MAKAN alami (1) Obat Net : Manfaat Tanaman Pekarangan (1) Obat Net : Obat Tradisional Disentri dan Batuk (1) Obat Palsu (1) Obat Panu Alami (1) Obat Penyakit Menular (1) Obat Perut Kembung (1) Obat Reumatik (1) Obat Sakit Maag Alami (1) Obat Sariawan Alami (1) Obat Segala Penyakit (1) Obat Tradisional AIDS (1) Obat Tradisional Anti Radang (1) Obat Tradisional Asma dan Lever (1) Obat Tradisional Asma dan pilek (1) Obat Tradisional Atasi Ketombe (1) Obat Tradisional Atasi Sariawan (1) Obat Tradisional Bawang Putih (1) Obat Tradisional Beri beri dan Penghalus Kulit (1) Obat Tradisional Biduran (Kaligata) (1) Obat Tradisional Cacing dan Demam (1) Obat Tradisional Darah Tinggi (1) Obat Tradisional Darah Tinggi dan obat cacing (1) Obat Tradisional Demam (1) Obat Tradisional Demam dan Mencret (1) Obat Tradisional Diare (1) Obat Tradisional Diare dan Batuk (1) Obat Tradisional Diare dan anti radang (1) Obat Tradisional Encok dan Penurun Panas (1) Obat Tradisional Flu dan Batuk (1) Obat Tradisional Isomnia dan Ginjal (1) Obat Tradisional Kanker Usus (1) Obat Tradisional Kelenjar Getah Bening (1) Obat Tradisional Kencing Batu dan Radang Kronis (1) Obat Tradisional Kencing Manis (1) Obat Tradisional Kencing Nanah (1) Obat Tradisional Kista Ampuh (1) Obat Tradisional Kolera dan radang usus (1) Obat Tradisional Kolesterol (1) Obat Tradisional Kuat dan Obat Kejang (1) Obat Tradisional Kulit Manggis (1) Obat Tradisional Luka dan Demam (1) Obat Tradisional Luka dan Urus urus (1) Obat Tradisional Luka dan Wasir (1) Obat Tradisional Masuk angin (1) Obat Tradisional Memar dan Pelancar Kencing (1) Obat Tradisional Mencret dan Sariawan (1) Obat Tradisional Migrain (1) Obat Tradisional Mujarab (1) Obat Tradisional Osteoporosis (1) Obat Tradisional Peluruh Air Seni (1) Obat Tradisional Peluruh Keringat & Obat Luka (1) Obat Tradisional Penawar Racun (1) Obat Tradisional Pencahar (1) Obat Tradisional Penghilang Bau Badan (BB) (1) Obat Tradisional Penurun Panas (1) Obat Tradisional Penyegar Badan (1) Obat Tradisional Rematik dan Bahan Kosmetika (1) Obat Tradisional Rematik dan Batuk Kering (1) Obat Tradisional Sakit Bengkak Jari (1) Obat Tradisional Sakit Gigi (1) Obat Tradisional Sakit Kepala Memusingkan (1) Obat Tradisional Sakit Konengeun (kuning) (1) Obat Tradisional Sakit Perut (1) Obat Tradisional Sariawan untuk anak (1) Obat Tradisional Sembeli dan Bengkak (1) Obat Tradisional Spilis(syphilis) (1) Obat Tradisional Susah Tidur dan Kencing Manis (1) Obat Tradisional Tetes Mata Ampuh (1) Obat Tradisional Thypus (1) Obat Tradisional beri beri (1) Obat Tradisional bisul (1) Obat Tradisional demam pada anak (1) Obat Tradisional gangguan pada organ ginjal dan paru-paru (1) Obat Tradisional obat demam (1) Obat Tradisional obat tekanan darah tinggi (1) Obat Tradisional pelancar air seni dan peluruh haid (1) Obat Tradisional sari pati ayam (1) Obat Tradisional untuk membersihkan noda-noda pada kulit (1) Obat Tradisonal Abses (1) Obat Tradisonal Buah Mengkudu (1) Obat Tradisonal Hepatitis (1) Obat Tradisonal Katarak (1) Obat Tradisonal Kencing Manis (1) Obat Tradisonal Ketombe (1) Obat Tradisonal Untuk Sakit Gigi dan Gusi (1) Obat Tradisonal untuk Sakit Flu (1) Obat kolesterol (1) PENGOBATAN ALTERNATIP MEDIS DAN NON MEDIS (1) Palanding (1) Panu (1) Paru paru dan Ayan (1) Pelangsing Tubuh (Diet) (1) Pembersih Kuman alternatif (1) Pemutih Wajah Alami dengan Jeruk Nipis (1) Pencahar (1) Pencegah Kanker (1) Pengertian FitoFarmaka (1) Pengertian Jamu (1) Pengertian Obat (1) Pengertian Obat Herbal (1) Pengertian Toga (1) Pengikis Kolesterol (1) Pengobatan Alternatif (1) Pengobatan Lewat Istikhoroh (1) Pengobatan Rematik dengan Tahitian Noni Bioactives Beverages (1) Pengujian Bahan Makanan (1) Penyakit Ain (1) Penyakit Akibat Merokok (1) Penyakit Yang sering di Jumpai di Masyarakat (1) Penyakit diakibatkan kurangnya olahraga (1) Penyakit yang Dapat Disembuhkan Syareat Sarang Semut (1) Perdarahan rahim (1) Perokok (1) Perut Mulas (1) Pewangi alami pakaian (1) Pijat Tradisional (1) Pikek dan Demam (1) Prinsip Pengaet Makanan (1) Privacy Policy for Obat Tradisional (1) Produsen Beras Organik (1) Pusat Gurah Hidung Dan Pengobatan Alternatif (1) Radang Anak Telinga (1) Radang Kronis (1) Rasia Obat (1) Remaph rempah untuk pengobatan (1) Rumput Laut (1) Saat Terbaik Mengkonsumsi Air Putih (1) Sakit Flu (1) Sakit Kuning (1) Sakit telinga (1) Santet (1) Saraf (1) Sehat Ginjal (1) Sehat Karena Syariat ITIKAF di Masjid (1) Sejarah Bekam (Hijamah) (1) Sejarah dan Legenda Kopi (coffee) (1) Sifat Sifat Organolaptik (1) Spilis (1) Stres Bantuan (1) Sumber Segala Obat dan Penyembuh (1) Sumber Sehat mualai dari Dapur (1) Susah Tidur (1) Tanaman Obat Tradisional Bisul dan Sakit Mata (1) Tanaman Obat di Nusantara (1) Tanaman Penolak Energi Negatif (1) Tanaman Yang Berkhasiat Supra Natural (1) Teknik Pengawetan Makanan ( Pangan ) (1) Temu Hitam (1) Temuan BPOM tentang Obat Tradisional Palsu (1) Terapi Rematik (1) Terapi Urine (1) Terapi bekam (1) Terapi menggunakan Es Batu (1) Tips Agar Awet Muda | Cara Alami Awet Muda (1) Tips Memilih Buah Apel (1) Tips Memutihkan Ketiak Hitam Secara Alami (1) Tips Mencegah Flu (1) Tips Mengecilkan Perut Buncit atau Gendut (1) Tips Mengobati Masuk Angin (1) Tips Mengobati SAkit Kepala (1) Tips Menurunkan Panas anak (1) Tips Merawat Kulit Ketiak (1) Tips Sehat di Usia Menjelang Tua (1) Tips Untuk Berhenti Merokok (1) Tips cara Mengenali Obat Palsu (1) Tips memilih tempat bekam (1) Tulang Sehat (1) Tumbuhan Paku (1) Tumor Ganas dan ASMA (1) Tumor rahim (1) Ulkus (1) Untuk Kecantikan (1) Untuk meringankan batuk pada anak (1) Varises (1) Vertogo (1) Waktu berbekam (1) air kemih (1) ajaib (1) ambeien (1) anemia (1) anggur (1) anti nyeri (1) anti piretik (1) anti radang (1) anti-kanker (1) anti-malaria (1) anti-radang (1) anti-stroke (1) antialergi (1) antibakteri (1) antibiotika (1) antihistamin (1) antiinflamasi (1) antioksidan (1) antitumor (1) asama (1) asma dan pencernaan (1) awet muda (1) bahan kosmetik (1) bakteri (1) baruk (1) batu empedu (1) batuk asma (1) batuk dan serak (1) batuk darah (1) batuk influensa (1) batuk kering (1) bengkak karena terpukul (1) bengkak leher (1) berak darah (1) berat badan (1) beri-beri (1) bisa ular (1) buang air kecil tidak lancar (1) bumbu rokok (1) campak (1) dahlia (1) dan tuberkulosis (TBC). (1) datang bulan terlambat (1) daya pikir (1) degenerasi jaringan (1) demam anak (1) diabetes mellitus (1) diabetes militus (1) eksim (1) elektrolit (1) epigalokatekin (1) epigalokatekingalat (1) epikatekin (1) epikatekingalat (1) erawatan rambut (1) exim (1) flu dan batuk (1) galokatekin (1) gigi belubang (1) gondok (1) gusi bernanah (1) hidrasi (1) imflamasi Alami (1) infeksi ginjal (1) infeksi kulit (1) infeksi saluran kencing (1) kadar kolesterol (1) kafein (1) kaki bengkak (1) kambing (1) kanker o-varium (1) kanker pay-udara (1) kanker pyudara (1) kanker rahim (1) katekin (1) kejang (1) keladi (1) kembung (1) kencing nanah (1) kentut (1) keracunan (1) keringat (1) kesehatan tiroid (1) kesehatan tulang dan persendian (1) kolang kaling (1) kolesterol jahat. (1) kosmeik (1) kosmetika (1) kuning (1) kurang darah (1) kutil (1) labu Wuluh (1) lemah jantung (1) lemah lambung (1) lemak (1) lever (1) liver (1) luka bakar (1) luka luar (1) manfaat telur Angsa (1) mata ikan pada kaki (1) melancarkan haid dan melancarkan ASI (1) memar (1) membuat tubuh lebih rileks (1) mencegah Stroke (1) mencegah TBC (1) mengeluarkan racun (1) mengobati cacingan (1) mengurangi ketegangan (1) mengusir serangga. (1) meningkatkan afrodisiaka(li bido) (1) meningkatkan kualitas tidur (1) menyembuhkan radang paru-paru (1) napsu makan (1) noda jerawat (1) nyeri sendi (1) obat batuk anak (1) obat bengkak (1) obat bengkak leher dan sakit tenggorokan (1) obat busul (1) obat eksim (1) obat encok (1) obat gusi berdarah (1) obat haid tidak teratur (1) obat haid tidak teratur dan obat pusing. obat sesak nafas (1) obat kaki bengkak (1) obat kencing nanah (1) obat koreng (1) obat kuning (1) obat kuta (1) obat lambung (1) obat luka bakar (1) obat memar (1) obat mencret dan obat luka (1) obat nyeri haid (1) obat otot kejang (1) obat panu (1) obat pegal linu (1) obat pegal linu. (1) obat penenang (1) obat penghilang bau badan (1) obat pening kepala. (1) obat penurun panas (1) obat perut mulas (1) obat radang ginjal (1) obat radang lambung (1) obat rematik (1) obat sakit bengkak pada mata (1) obat sakit bisul (1) obat sakit demam (1) obat sakit kepala (1) obat sakit kulit (1) obat sakit perut (1) obat sesak nafas (1) obat tipus (1) obat wasir (1) panas (1) pankreas dan limpa. daun sirsak juga dapat mengobati penyakit diabetes (1) patah tulang (1) pelancar air seni.Obat Tradisional Sakit Kepala dan Diare (1) pelega perut (1) peluruh haid (1) pembesaran limpa (1) pembunuh bakteri (1) penangkal serangga (1) penawar bisa akibat serangga (1) pencegah keracunan tempe bongkrek (1) pencernaan kurang baik (1) pendarahan pada wanita (1) penderita asma (1) penghangat bada (1) penghilang bau mulut (1) pengobatan sakit giigi (1) penuaan dini (1) penyakit jantung (1) penyakit jantung. (1) penyakit kuning (1) penyakit liver (1) penyebaran kanker (1) pilek (1) pusing (1) radang hati (1) radang telinga (1) radang usus (1) rambut rontok (1) rheumatic (1) rheumatik (1) ruam pada kulit (1) sakit batuk kering (1) sakit kulit (1) sakit mata (1) sakit perut (1) sariawan anak (1) seriawan (1) sesak nafas (1) sirkulasi (1) sistem imun (1) tenggorokan (1) thypus (1) undur undur (1) untuk peluruh air seni (1) urus-urus (1) urus-urus dan obat radang paru-paru. (1) video Bahaya Merokok (1)

Popular Posts

free counters